Ternyata Spirulina Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ternyata Spirulina Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebelumnya apakah Anda tahu apa itu Spirulina ?

Spirulina adalah sejenis cyanobacteria dan bukan alga teknis, meski sering disebut ganggang biru-hijau. Spirulina secara alami tumbuh di danau alkalin di Meksiko dan Afrika. Ada dua spesies Spirulina, Spirulina platensis ( Arthrospira platensis ) dan Spirulina maxima ( Arthrospira maxima ) adalah yang paling banyak diteliti karena sejarah mereka sebagai sumber makanan dan nilai gizi dan obatnya. Setelah dipanen dan dikeringkan, Spirulina dibuat menjadi kue dan dimakan oleh suku Aztec dan digunakan oleh orang Chad di Afrika Tengah untuk membuat kue atau kaldu. Spirulina dikenal dengan baik dengan kandungan proteinnya yang luar biasa tinggi (60-70%) dan kekayaannya pada vitamin, mineral, asam lemak esensial (terutama GLA), karotenoid (terutama zeaxanthin), dan nutrisi lainnya.

Jika Anda mencari makanan yang menurunkan kolesterol secara alami, sangat bergizi, dikemas dengan protein dan fitokimia, dan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan memberi Anda energi sambil mengatasi kolesterol dan trigliserida Anda, Spirulina adalah serbuk hijau sebagai solusi terbaik nya.

Kenapa bisa ? Karena Spirulina adalah sumber makanan kuno yang membuat cerdas sebagai salah satu “makanan hijau” paling berharga di dunia kesehatan alami.

Ternyata Spirulina Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam “Journal of the Science of Food and Agriculture” hanyalah yang terbaru dari banyak orang untuk menunjukkan seberapa efektif Spirulina sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Dan jangan khawatir, sementara beberapa orang menyukai cita rasa Spirulina sehingga mereka makan sesendok bubuk secara langsung (menodai mulut mereka berwarna hijau gelap dalam prosesnya), spirulina juga banyak tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul.

Spirulina secara signifikan dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol dalam penelitian manusia.

Studi terbaru untuk meneliti efek penurunan kolesterol dan trigliserida dari Spirulina dilakukan oleh sekelompok peneliti Yunani dari berbagai universitas. Mereka memberi 52 orang dewasa dengan dislipidemia yang baru didiagnosis (kolesterol tinggi atau trigliserida tinggi / HDL rendah) 1 gram Spirulina per hari selama 3 bulan. Panel lipid penuh dengan sampel darah puasa dilakukan pada awal dan akhir periode penelitian. Para peneliti juga melacak tekanan darah, tinggi, berat badan, dan indeks massa tubuh.

Pada akhir periode studi 3 bulan, trigliserida rata-rata, kolesterol total, kolesterol LDL, dan rasio kolesterol total terhadap kolesterol HDL secara signifikan menurun. Trigliserida turun 16,3%, kolesterol total sebesar 8,9%, kolesterol LDL sebesar 10,1%, dan kolesterol total terhadap rasio HDL sebesar 11,5%. Tekanan darah, berat dan indeks massa tubuh pada dasarnya tidak berubah. Para peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi Spirulina pada dosis 1 gram sehari memiliki efek penurun lipid yang kuat, terutama pada trigliserida.

Penelitian Spirulina tambahan menunjukkan bahwa ini lebih dari sekedar makanan untuk kolesterol tinggi.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan peran Spirulina sebagai makanan yang menurunkan kolesterol secara alami. Sebagai contoh, sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa 4,5 gram Spirulina maxima per hari selama 6 minggu secara signifikan menurunkan trigliserida dari rata-rata 238 mg / dL menjadi 164 mg / dL. Kolesterol total dan kolesterol LDL juga berkurang secara signifikan, sementara kolesterol HDL “baik” meningkat secara signifikan. Dalam penelitian ini, rata-rata tekanan darah juga menurun secara signifikan. Studi manusia lainnya juga menunjukkan kemampuan Spirulina untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pertahanan anti-oksidan, membunuh virus, dan mengobati gejala hidung terkait alergi.

Itulah beberapa bukti penelitian tentang manfaat spirulina untuk menurunkan kolesterol tinggi yang berhasil kami kutip dari: universityhealthnews.com . Semoga artikel nya bermanfaat dan salam sehat.

Baca juga: Walatra Spirulina Plantesis

Posted by: Pakar Obat Herbal

Ternyata Spirulina Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *